Kalender

Selasa, 23 Februari 2016

Biodata Deepika Padukone

Biodata

Deepika Padukone(diucapkan [d̪iːpɪkaː pəɖʊkoːɳ]; kelahiran 5 Januari 1986) adalah seorang peragawati dan aktris film India. Ia membangun kariernya yang sukses di film-film Bollywood, dan dikutip dalam media sebagai salah satu selebriti India paling atraktif dan populer.
Padukone, putri dari pemain badminton Prakash Padukone, lahir di Copenhagen dan dibesarkan diBangalore. Sebagai remaja, ia bermain badminton dalam kejuaraan tingkat nasional, namun meninggalkan kariernya dalam olahraga untuk menjadi peragawati mode. Ia kemudian menjadi pemeran film, dan membuat debut aktingnya pada 2006 sebagai karakter titular pada film KannadaAishwarya. Padukone kemudian memainkan peran ganda dalam perilisan Bollywood pertamanya —blockbuster 2007 Om Shanti Om — dan memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Debut Perempuan Terbaik.
Padukone mendapatkan pujian karena memerankan peran perempuan utama pada film percintaan 2009 Love Aaj Kal dan film drama 2010 Lafangey Parindey, namun penampilannya dalam film komedi percintaan 2008 Bachna Ae Haseeno dan film komedi 2010Housefull mendapatkan tanggapan negatif. Ia menyusulnya dengan peran dalam serial film yang tidak sukses secara kommersial yang gagal untuk meninggikan kariernya. Film hit box office 2012 Cocktailmenandai titik kenaikan yang signifikan dalam kariernya, membuatnya mendapatkan sambutan dari para kritikus dan mendapatkan nominasi Aktris Terbaik pada beberapa acara penghargaan. Pada 2013, Padukone membangun dirinya sebagai aktris utama pada sinema Hindi dengan memainkan peran utama pada film komedi Yeh Jawaani Hai Deewani dan Chennai Express (keduanya meraih peringkat pada film-film Bollywood dengan keuntungan tertinggi sepanjang masa), dan memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Aktris Terbaikkarena penampilannya pada film percintaan tragis Goliyon Ki Raasleela Ram-Leela.
Selain berkarier akting, Padukone berpartisipasi dalam acara panggung, menulis kolum pada sebuah surat kabar India, dan menjadi duta besar selebriti berpengaruh untuk merek-merek dan produk-produk. Kehidupan di luar layarnya menjadi subyek pengabaran tabloid di India.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar